18 Juli 2010

DANCON MARCH

Tanggal 17 Juli 2010 pagi kemarin adalah pagi yang indah ketika lebih dari 300 personel UNIFIL baik sipil maupun militer berkumpul bersama di pelataran Danlog Coy UNIFIL Camp Naqoura. Suasana terasa sungguh ceria diiringi dengan semangat yang sangat tinggi dari para peserta yang akan melaksanakan kegiatan DANCON March.

DANCON March merupakan wahana yang sangat baik untuk mencoba sejauh mana kekuatan serta ketahanan kita dalam melakukan march
atau jalan kaki. Kegiatan ini menempuh jarak antara 20-25 km  menyusuri rute dan medan yang naik turun serta melalui jalan-jalan utama maupun jalan yang jarang dilalui oleh kendaraan. Semua peserta militer mengenakan pakaian seragam lapangan serta membawa beban seberat 10 kg dan untuk peserta sipil diperkenankan memakai pakaian bebas tetapi tetap harus membawa beban 10 kg.

DANCON March telah menjadi tradisi sejak tahun 1972 dimana saat itu kegiatan ini diadakan pertama kali oleh Kontingen Denmark yang melaksanakan misi PBB di Cyprus (UNFICYP). Selanjutnya didalam setiap misi PBB Kontingen Denmark selalu mengadakan kegiatan DANCON March.

DANCON sendiri adalah kependekan dari DANISH CONTINGENT  yang kalau kita artikan dalam bahasa Indonesia sama dengan Kontingen Bangsa Denmark atau singkatnya kita sebut Kontingen Denmark, walaupun demikian tidak berarti kegiatan ini hanya terbatas untuk diikuti oleh orang-orang Denmark saja melainkan semua personel dari negara-negara yang tergabung dalam misi PBB dimana Kontingen Denmark mengadakan kegiatan ini bisa berpartisipasi didalamnya baik personel sipil maupun militer.

Di Lebanon sendiri dalam misi UNIFIL sudah dua kali diselenggarakan kegiatan DANCON March oleh Kontingen Denmark, yang pertama pada musim dingin yang lalu bulan Februari 2010 oleh Kontingen Denmark I dan yang kedua dilaksanakan pada bulan Juli 2010 bertepatan dengan musim panas. Kegiatan ini sengaja diadakan pada dua musim tersebut selain karena masa tugas pasukan Denmark dalam misi PBB hanya 6 bulan sehingga setiap kontingen menyelanggrakan satu kali kegiatan, juga dalam rangka menguji kemampuan fisik perorangan didalam suhu udara yang ekstrim. Seperti kita ketahui di negara-negara yang beriklim sub-tropika memiliki empat musim tidak seperti di negara kita tercinta, Indonesia, yang memiliki dua musim dan tidak memiliki suhu yang ekstrim, sehingga bagi personel UN yang berasal dari negara-negara tropis merupakan suatu tantangan tersendiri dalam mengikuti kegiatan ini guna menguji sejauh mana ketahan fisik dan mental kita. 

Rute perjalanan yang direncanakan oleh panitia mengelilingi Naqoura Camp, start dimulai pukul 08.00 LT didepan pelataran Danlog Coy selanjutnya berjalan menyusuri pantai sambil menikmati pemandangan yang indah diringi deburan ombak laut Mediterania sampai di check point pertama dan kembali lagi ke titik start sejauh 5 km, selanjutnya bergerak menuju New Land mengelilingi compound-compound Satgas UNIFIL sejauh 5 km, di route ini terdapat dua check point, kemudian setelah check point ketiga berjalan lagi menyusuri route yang sama namun dengan kondisi cuaca yang sudah sangat jauh berbeda karena saat putaran kedua rata-rata suhu udara mencapai 38 derajat celcius pada saat pelaksanaan DANCON March musim panas ini, disinilah mulai terlihat ketahanan fisik dan mental para peserta. Setelah menyelesaikan 20 km, masih menyisakan route terakhir sepanjang 1,5 km menuju finis mengitari Old Land, sesampai digaris finis langsung disambut oleh panitia untuk pengecekan beban terakhir sehingga dinyatakan sah atau tidak sah untuk mendapatkan sebuah sertifikat dan Medali Penghargaan dari DANCON.

penyelenggaraan kegiatan ini diorganisir dan dikendalaikan dengan sangat baik sehingga dirasakan oleh para peserta sangat menyenangkan meskipun medan dan cuaca yang dirasakan cukup berat bagi orang-orang asia tenggara tetapi karena panitia menyiapkan cukup air dan buah-buahan dibeberapa check point juga tentunya pelayanan kesehatan yang senantiasa siap di check point selain itu terus berkeliling sepanjang rute sehingga senantiasa siap memberikan pertolongan bagi para peserta yang mengalami ganguuan kesehatan.

Sepanjang perjalanan kegiatan ini terlihat penuh dengan senyum para peserta juga pandangan mata yang bercahaya penuh antusias mengikuti kegiatan ini (walaupun ada beberapa diantara mereka yang terpaksa tidak bisa melanjutkan perjalanan atas saran tim medis). Banyak hubungan persahabatan dijalin selama event ini walaupun mereka berasal dari negara-negara yang berbeda tetapi rasa kebersamaan yang dirasakan menepis semua perbedaan. Jika seseorang kehabisan air, selalu ada orang lain yang membagi air miliknya untuk rekannya. Paling tidak selama beberapa jam seluruh peserta telah menjadi bagian dari keluarga yang sama.

Kegiatan ditutup dengan social event antara para peserta dengan berbagi cerita serta pengalaman selama melaksanakan kegiatan DANCON March. Sedikitnya ada dua manfaat yang didapat dari kegiatan ini, yang pertama adalah terujinya kesiapan dan ketahan fisik khususnya bagi prajurit dan yang kedua mendapatkan kawan baru untuk menambah wawasan pergaulan khususnya dikancah internasional.


DANCON March Februari 2010 (Winter Season) UNIFIL



DANCON March Juli 2010 (Summer Season) UNIFIL


DANCON March di daerah Operasi lainnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar