05 Juli 2010

INDONESIA MEMUKAU PARA PRAJURIT MULTI NASIONAL

            Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) adalah sebuah organisasi yang beranggotakan personel-personel dari berbagai macam negara serta etnis yang beraneka ragam dan memiliki kebudayaan  yang tidak terhingga banyaknya untuk diceritakan guna berbagi pengalaman sesama personel anggota PBB. Demikian juga markas Sektor Timur UNIFIL di Marjayoun Lebanon Selatan yang sebagian besar anggotanya berkebangsaan Spanyol memiliki beberapa staf yang berasal dari beberapa negara diluar Spanyol seperti Indonesia, India, Malaysia, Nepal, dan El Salvador. Tentunya negara-negara tersebut memiliki sejarah bangsa serta kaya dengan budaya bangsanya. Kondisi seperti ini merupakan suatu kesempatan yang sangat baik untuk mempelajari beraneka ragam budaya dari negara-negara tersebut. Oleh karena itu Komandan Sektor Timur UNIFIL mengeluarkan gagasan untuk menyelenggarakan suatu kegiatan yang diberi nama "National Presentation" guna memberikan informasi kepada seluruh anggota Markas Sektor Timur UNIFIL tentang satu negara kepada negara lainnya sehingga dengan demikian akan meningkatan pengetahuan serta rasa saling menghormati juga saling menghargai guna membangun kebersamaan sesama anggota Sektor Timur UNIFIL.

            Pada hari Sabtu tanggal 3 Juli 2010 bertempat di gedung auditorium Markas Sektor Timur UNIFIL, personel Indonesia mendapatkan kesempatan untuk memaparkan berbagai informasi tentang Indonesia diawali sambutan oleh Kolonel Inf Surawahadi, Wakil Komandan Sektor Timur UNIFIL selaku perwira tertua dari Indonesia, dilanjutkan dengan penjelasan sekilas tentang sejarah bangsa Indonesia sejak jaman perjuangan masa pendudukan Belanda hingga Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, selanjutnya penjelasan tentang posisi geografis, kondisi demografis serta  budaya Indonesia dan pada kesempatan ini juga sekaligus digunakan sebagai ajang promosi wisata dengan menginformasikan tentang tempat-tempat tujuan wisata serta atraksi-atraksi wisata di tanah air. Tidak ketinggalan juga para personel staf  Indonesia menjelaskan tentang prestasi-prestasi anak-anak bangsa dibidang olah raga baik dalam kancah internasional maupun tingkat regional dan yang paling terakhir dipertontonkan kepada seluruh personel staf multi nasional tentang profil Tentara Nasional Indonesia yang profesional, tangguh dan dicintai rakyatnya.

            Paparan yang disampaikan oleh Mayor Czi Darody Agus mewakili para personel staf dari Indonesia sekaligus mewakili seluruh prajurit Indonesia yang bertugas di Lebanon Selatan sangat menarik perhatian para undangan yang menghadiri acara tersebut, hal tersebut terlihat dari antusiasme mereka mengikuti acara tersebut mulai dari awal hingga akhir acara terlebih lagi dengan disisipkan pemberian souvenir kepada beberapa hadirin yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang Indonesia yang telah dipaparkan oleh pemapar. Pada sesi terakhir, hadirin dihibur dengan penampilan kesenian Rampak Gendang yang dimainkan oleh para prajurit Indonesia Battalion yang tentunya menambah kekaguman mereka kepada bangsa Indonesia yang kaya akan budaya.

            Selesai acara, Komandan Sektor Timur UNIFIL memberikan kenang-kenangan berupa plakat kepada para prajurit Indonesia yang diterima secara simbolis oleh Kolonel Inf Surawahadi juga memberikan bingkisan kepada para pemain rampak gendang dari Indobatt dilanjutkan dengan ucapan terima kasih yang tak terhingga dengan penampilan seluruh prajurit Indonesia karena apa yang ditampilkan melebihi harapan sang jenderal. Beliau (Komandan Sektor) mengajak semua hadirin untuk berdiri serta meneriakan yel-yel "Viva Indonesia - Viva Indonesia" sambil mengangkat tangan. Demikian juga para staf dari negara lainnya memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas penampilan Indonesia pada sesi paparan perdana "National Presentation"  terucap secara spontan dari mulut beberapa staf seperti ini, ".....sir it is not very good but very very very good, excellent sir...". Hal tersebut merupakan balasan yang cukup setimpal bagi para prajurit Indonesia atas kerja keras serta kesungguhan dalam mengemban tugas di daerah Operasi UNIFIL.

Jaya selalu Indonesia dimanapun engkau berada.....GARUDA...!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar