10 Juli 2010

NETWORKED MEDIA TANK


     Apa yang dimaksud dengan Networked Media Tank (NMT)? NMT merupakan perangkat jaringan  all-in-one media yang merupakan kombinasi dari Digital Media Adapter (DMA), Network Attached Storage (NAS) dan Media Server. DMA berfungsi untuk memutar film-film High Definition 1080p dalam bentuk file/digital copy, DVD dan Blue-ray Disc (file mt2ts). NAS berfungsi sebagai file server untuk  sharing media yang tersimpan dalam internal disk  melalui LAN dan Internet dengan menggukan aplikasi Samba dan FTP.

     Semua fitur ini dibangun dalam satu paket hardware terintegrasi yang memungkinkan pengguna dapat melihat, berbagi dan menyimpan media digital dengan mudah . NMT yang membawa semua persyaratan hiburan digital bersama ke dalam kenyamanan ruang keluarga kita, memungkinkan kita untuk share, stream dan memainkan digital media konteks tanpa ketergantungan pada Personal Computer. NMT dapat memutar film, lagu dan foto yang tersimpan didalam media sebagai berikut :

1. Media Hard Disk, SATA 2.5″/3.5″ Hard Disk, External USB Disk, Flash Disk.

2. Media Disk (DVD) , menggunakan USB DVD ROM.

3. Jaringan yang terhubung dengan Server PC/Laptop/NAS (network attached storage).

4. Video Out, HDMI 1.3 (up to 1080p), Component Video, Composit Video.

5. S/PDIF Optical dan Coaxial Digital Audio.

Selama ini untuk menikmati film hanya melalui media Disk yang berupa Compact Disc, DVD  dan Blu-ray Disc.

 

Blu-ray RIP (mkv).

     Perkembangan teknologi dewasa ini memungkinkan untuk merubah dan menyimpan Film DVD atau Blu-ray ke dalam bentuk file seperti mkv, avi, wma dan sebagainya serta kemudian dikompresi/dipadatkan (biasanya disebut rip) sedemikian rupa sehingga ukuran file film menjadi lebih kecil 4 sampai 6 GB untuk kualitas 720p dan lebih besar 8GB untuk kualitas 1080p serta kualitasnya gambarnya hampir mendekati kualitas aslinya dengan kualitas audio Dolby Digital dan DTS.

     Hasil kompresi Blu-ray Disc dengan kualitas 720p saja kualitas gambar yang dihasilkan jauh diatas kualitas DVD original sekalipun juga kapasitas Disc DVD dan 720p hampir sama, sekitar 4-6 GB. 

     Film dalam bentuk file mkv, avi dan sebagainya tersebut disimpan di dalam media disc kemudian di back up dan disimpan ke dalam Hard Disk yang biasa digunakan di komputer.

NMT dengan media HARD DISK

     Mengapa sebelumnya menggunakan media disc ? jawabannya kemungkinan karena harga hard disk masih relatif mahal dan kapasitasnya masih kecil. Dewasa ini Hard Disk makin besar kapasitasnya sampai dgn 2 Tera Byte dan harganya semakin murah. Dengan Hard Disk berkapasitas 1 Tera Byte sudah bisa menampung sekitar 130 sampai 150 film berkualitas blur-ray, dan untuk 2 Tera Byte dapat menampung sekitar 300 film dengan kualitas yang sama. Secara ekonomis menyimpan file film dalam hard disk akan jadi lebih banyak serta harganya relatif  jauh lebih murah. Berikut beberapa keuntungan menggunakan media Hard Disk di NMT:

1. Kualitas film 720p – 1080p.

2. Lebih banyak film yang bisa disimpan.

3. Lebih ekonomis.

4. Lebih praktis karena mudah disimpan, tidak makan tempat dan mudah dibawa-bawa kemana saja.

5. Lebih mudah untuk memilih dan mengganti film, lagu atau foto cukup dengan menggunakan remote control tanpa harus beranjak dari kursi untuk mencari dan mengganti disc dvd/blu-ray.

6. Lebih tahan lama  karena tidak murah rusak, bergaris, gambar kotak-kotak atau patah-patah.

7. Jukebox, selain menu screen default, tampilan bisa dirubah sehingga di layar akan muncul gambar-gambar cover dari film dan kita bisa memilih film selayaknya memilih kotak-kotak DVD atau Blu-ray di toko.

     Demikian sekilas tentang sebuah alat yang dikenal dengan Networked Media Tank dengan fungsi-fungsi yang dimilikinya antara lain sebagai downloader yang bisa melakukan fungsi download Bit Torrent dari internet, NAS (Network Attach Storage) guna melakukan fungsi sharing file-file dalam Hard Disk ke seluruh jaringan LAN di rumah atau di kantor, dan Web Service sehingga kita bisa terhubung langsung dengan You Tube, Internet Video Streaming, Internet Radio, Flickr, Picasaweb, Yahoo News, MSNBC News, dsb juga bisa digunakan sebagai Web Browser seperti komputer langsung ke LCD TV di rumah kita.


Contoh NMT eGREAT EG-M33A



                                                                                   

Contoh tampilan gambar film di LCD TV dengan menggunakan NMT


                                                                  

Contoh tampilan saat Online


                                   

                                                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar