29 Maret 2009

GENDERANG SERULING CANKA LOKANANTA


     Genderang Seruling Canka Lokananta merupakan drumband kebanggaan Korps Taruna Akademi Militer, sebagai tradisi turun - temurun dari generasi yang satu ke generasi berikutnya. Genderang Seruling Canka Lokananta dibentuk pada tanggal 16 April 1958 dengan pelatih pertama yaitu Lettu Suhirno.

     Canka Lokananta memiliki makna suara merdu dari surga. Perwujudannya adalah perpaduan suara dari alat-alat Drumb Band meliputi Genderang, Tenor Drum, Bass Drum, Belira, Suling, Terompet dan alat tiup lainnya yang menghasilkan nuansa suara nan indah dan menggugah semangat di bawah pimpinan seorang Penatarama.

     Dalam penampilannya, Drumb Band yang berciri khas macan yang dikenakan oleh personil bass drum dan tenor drum ini dibagi menjadi 2 unit yaitu unit kecil dengan kekuatan personil 134 orang dan unit besar dengan kekuatan 178 orang. Hingga saat ini sudah banyak prestasi yang diukir oleh Genderang Seruling Canka Lokananta ini diantaranya: 

- Display pada saat Pembukaan Sea Games sejak 1964 
- Mengiringi Defile pada Pembukaan PON VII tahun 1969 di Surabaya 
- Beberapa kali mengikuti Kirab Remaja Nasional. 
- Display saat peringatan Hari Olahraga Nasional tahun 1999 di Stadion Manahan Solo 
- Display pada saat Penutupan PON XV tahun 2000 di Surabaya 
- Event-event lain dalam lingkup TNI.

5 komentar:

  1. mantap macan tidarnya... semnagat terus untuk mengharumkan nama bangsa...

    BalasHapus
  2. nie nemu drumband mirip GSCL matep jga bro http://www.youtube.com/watch?v=T1iz4dSfqwc

    BalasHapus
  3. Youtrube pembukaan PON ke VII tahun 1969 di Surabaya perlu ditonton oleh masyarakat Indonesia. Ayooo terbitkan.

    BalasHapus
  4. Video nya harus ada, PON ke VII tahun 1969 di Surabaya, sangat banyak kenangan yang didapat serta Gubernur Akup Zainal sangat berani, sehingga sukses penyelenggaraan PON tsb. Sangat sayang hanya sebatas Foto saja. Salam

    BalasHapus
  5. Mohegan Sun - CasinoCyclopedia
    Mohegan Sun is 경산 출장샵 your one-stop 당진 출장샵 shop 김제 출장안마 for everything from slots, video 고양 출장안마 poker, blackjack, and more! 대전광역 출장안마 From slot machines to video poker, Mohegan Sun also offers

    BalasHapus